Resep Mie Ayam Jakarta Spesial

resep mie ayam jakarta spesial

Resep Mie Ayam Jakarta Spesial–Mie ayam merupakan salah satu masakan yang banyak digemari masyarakat hampir diseluruh pelosok nusantara. Rasanya yang enak dan lezat membuat mie ayam ini sangat digemari dan disukai oleh banyak orang. Terlebih saat dipadu dengan bakso, rasanya pasti lebih mantap. Tidak terkecuali mie ayam Jakarta, sangat banyak digemari oleh warga Jakarta ataupun warga sekitaran Jakarta. Kini untuk bisa menikmati lezatnya mie ayam Jakarta spesial tidak perlu lagi untuk pergi dahulu ke Jakarta, sebab hampir di setiap kota di luaran Jakarta sudah banyak warung yang menyediakan menu masakan ini, bahkan saat ini menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Nah Mungkin Bunda ingin mencoba sendiri membuat mie ayam Jakarta yang terkenal sangat lezat ini dirumah. Kali ini admin akan berbagi untuk bunda resep mie ayam Jakarta spesial yang enak dan lezat.

resep mie ayam jakarta spesial
resep mie ayam jakarta spesial

Jika bunda pertama kali membuatnya, mungkin hasilnya tidak langsung bisa enak seperti di restaurant atau warung warung yang terkenal, namun dengan mencoba membuat sendiri mie ayam Jakarta bunda bisa berkreasi lebih untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, misal ditambahin bakso atau ceker maka akan jadi mie ayam Jakarta spesial yang enak dan lezat.

Nah berikut resep mie ayam Jakarta spesial yang enak dan lezat.

Bahan :

200 gram caisim, potong potong kemudian diseduh

320 gram mie ayam siap pakai

2 1/2 sendok makan bawang goreng

3 batang daun bawang iris iris halus

1 liter air kaldu ayam (cara membuatnya air 1 liter direbus dengan 400 gram tulang ayam dan juga 2 cm jahe dimemarkan)

Bahan bumbu untuk per porsi :

1/8 sendok teh merica bubuk

1 sendok teh minyak ikan

1/2 sendok teh kecap asin

Bahan untuk tumisan ayam :

200 gram jamur merang, iris iris

1/4 sendok teh garam

1 1/2 sendok makan saus tiram

1/2 sendok makan kecap asin

250 gram daging ayam, potong potong kotak

1 sendok makan kecap manis

1/4 sendok teh gula pasir

100 ml air

1/4 sendok teh merica bubuk

2 sendok makan minyak goreng untuk menumis bahan tumisan dan bumbu halus

Bumbu yang kita haluskan :

2 cm jahe

8 butir bawang merah

5 siung bawang putih

Cara membuat mie ayam jakarta enak :

Membuat tumisan ayam terlebih dahulu : kita panaskan minyak untuk menumis kemudian tumis bumbu halus sampai harum. Kemudian tambahkan daging ayam yang telah dipotong potong dan aduk aduk sampai berubah warna. Setelah itu masukkan jamur dan aduk aduk lagi hingga rata.

Masukkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, merica, gula pasir dan juga garam. Aduk aduk hingga rata. Tambahkan air aduk aduk lagi hingga matang.

Penyajian mie jakarta : Masukkan bumbu mie per porsi kedalam mangkuk, kemudian masukkan mie yang sudah diseduh ke dalam mangkuk tersebut. Aduk adukmie hingga merata dengan bumbu mie.

Masukkan juga caisim, tumisan ayam dan juga daun bawang.

Siram dengan air kaldu ayam. Tambahkan juga taburan bawang goreng diatasnya.

Sajikan dengan saus sambal.

Nah demikian bunda sharing pagi ini tentang resep mie ayam Jakarta spesial, cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil memuaskan keluarga tercinta di rumah.