Cara Belajar Efektif Buat Persiapan Ujian

Trik Belajar Efektif Saat Menghadapi Ujian

Cara belajar efektif dibutuhkan kapan saja, terlebih saat hendak menghadapi ujian. Baik itu ujian sekolah maupun ujian nasional.

Trik belajar seperti ini dibutuhkan karena mayoritas siswa merasa grogi ketika menghadapi ujian. Salah satu hal yang menyebabkannya adalah kurangnya persiapan sehingga takut tidak mampu mengerjakan soal-soal ujian.

Meski memang, ada siswa yang santai dalam menghadapi ujian walaupun persiapannya masih kurang.

Semuanya kembali ke psikologi siswa. Jika dia memang memiliki karakter yang tetap bisa santai meski dalam kondisi genting, maka mungkin dia tidak akan merasa canggung saat ujian datang. Sebaliknya, jika karakternya memang mudah panik, ya meski persiapannya sudah cukup, tetap panik juga saat ujian.

Dari sini kita tahu bahwa belajar saja tidak cukup, persiapan mental juga diperlukan saat hendak menghadapi ujian.

Yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah tentang persiapan belajar untuk ujian. Agar belajar makin efektif dan memberikan hasil yang baik. Apa saja?

Begini cara belajar efektif yang perlu diikuti saat persiapan ujian

Trik Belajar Efektif Saat Menghadapi Ujian

Suasana

Ciptakan suasana kondusif saat belajar. Bagaimana caranya? Salah satu ciri suasana kondusif adalah saat suasana itu bisa membuat kita nyaman ketika belajar. Artinya, kita harus mencari apa yang kita senangi dan bisa membuat nyaman.

Sebagai contoh, beberapa orang merasa nyaman saat bisa belajar sambil mendengarkan musik. Bahkan, ada yang tidak bisa berpikir dengan tenang tanpa mendengarkan musik. Orang-orang seperti ini tergolong dalam tipe auditori.

Lain halnya dengan orang yang senang belajar sambil terus bergerak. Misalnya menggerakkan kaki ketika belajar. Ini tergolong tipe kinestetik.

Bagaimanapun kondisinya, asal nyaman dan kondusif buat belajar, maka pilihlah sebagai cara belajar efektif pertama dalam persiapan menghadapi ujian.

Kenyamanan juga bisa diciptakan dengan cara lain, misalnya dengan membersihkan ruang belajar, merapikan buku-buku, dan lainnya. Pokoknya menciptakan ruangan belajar yang nyaman.

Kita juga bisa belajar di outdoor kalau memang bosan di indoor. Bisa di taman, di teras rumah, dan yang lainnya.

Waktu belajar

Kapan waktu belajar yang baik? Pertanyaan ini sering muncul di benak para siswa. Apalagi sekarang siswa-siswi sibuk di sekolah dan waktu di rumah sangat singkat buat belajar. Khususnya buat siswa yang sekolah full day.

Salah satu solusinya adalah menemukan waktu belajar yang paling pas sehingga tidak mengganggu jam sekolah, jam istirahat, dan jam berkumpul bersama keluarga. Kalau pengalaman saya, setelah tahajud adalah waktu yang pas.

Alasannya sederhana, di jam itulah suasana masih sepi sekali (buat saya kondusif karena saya tidak bisa belajar jika ada keramaian), otak masih fresh karena habis dipakai istirahat, fokus juga masih hanya di satu hal saja karena tidak banyak hal yang bisa dilakukan di jam tersebut.

Bagaimana dengan Anda? silakan temukan sendiri. Sebab tidak ada waktu baku dalam cara belajar efektif saat menghadapi ujian.

Yang perlu dipikirkan justru adalah jam belajar. Berapa jam waktunya? Apakah 2 atau 3 jam, setiap orang pasti berbeda. Manajemen waktulah yang harus diperhitungkan dengan cermat.

Materi

Persiapan materi dalam melakukan cara belajar efektif ini  harus matang. Beberapa hal di bawah ini bisa membantu;

  1. Buatlah rangkuman materi (yang diujikan), contoh membuat buku saku, atau semacamnya. Untuk membuatnya, kita perlu sumber materi, baik itu buku maupun dari internet. Kalau buku, Anda bisa menggunakan buku sekolah. Sedang informasi dari internet bisa didapatkan di www.hindayani.com. Salah satu situs pendidikan dengan materi dengan mata pelajaran lengkap.
  2. Gunakan stabilo atau spidol warna untuk memberikan tanda pada catatan atau buku yang sudah dibaca.
  3. Jangan hanya membaca, menulislah. Contohnya ketika kita merasa paham (bukan sekedar menghafal) akan materi di satu bab. Coba tuliskan (dengan bahasa sendiri) di kertas apa yang kita tahu. Lalu periksa kembali di buku, apakah ada informasi yang terselip atau tidak. Ini bisa digunakan untuk mengukur sampai dimana pemahaman kita terhadap materi atau bab yang sedang ditulis.
  4. Tuliskan kembali hafalan-hafalan singkat dan unik yang pernah diajarkan oleh guru. Misal PARAM untuk Pisces, Aves, Reptil, Amfibi, dan Mamalia (vertebrata).
  5. Mengembangkan materi juga penting. Biasanya pengembangan ini bisa didapat dari penjelasan guru di kelas, praktikum, atau lingkungan sekitar.
  6. Pengayaan dan latihan
  7. Jangan lupa jeda atau istirahat

Cara belajar efektif saat menghadapi ujian akan makin efisien jika tidak diterapkan hanya dalam semalam. Belajar merupakan satu hal yang bisa dijadikan rutinitas sehingga akan informasi bisa didapatkan sedikit demi sedikit. Dan ini akan membantu otak kita untuk menyimpan dan mengingatnya dengan baik.