Rahasia Kenapa Mereka Bisa Lolos Seleksi, Penerima Beasiswa LPDP Bocorkan Ini

beasiswa lpdp

Instansi Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sediakan slot biaya beasiswa triliunan rupiah untuk akademikus di semua Indonesia yang menginginkan meneruskan pendidikan di tahap master atau doktor. Langkah ini adalah usaha negara untuk tingkatkan kualitas pendidikan warganya serta mempersiapkan sumber daya manusia yang berkwalitas.

Langkahnya, LPDP memikul semua cost pendidikan bersama uang operasional pada beberapa penerimanya. Kampus yang disiapkan juga tidak cuma di Indonesia, tetapi juga diluar negeri. Serta sekali lagi, universitas yang masuk daftar LPDP adalah universitas dengan akreditasi paling baik.

Beasiswa LPDP banyak diincar karena dipandang dapat menolong dan menanggung generasi-generasi mungkin yang menginginkan meneruskan pendidikan, namun terbatas cost. Tidak heran juta-an sarjana bersama-sama untuk mendaftar. Terdapat banyak jalur yang dapat ditempuh, yaitu lewat jalur afirmasi serta reguler.

Tetapi, baik jalur afirmasi serta reguler, keduanya keduanya sama cukup susah dicapai. Butuh persiapan spesial supaya pendaftar dapat lolos. IDN Times berupaya menggali info dari empat sumber penerima beasiswa LPDP yang sukses lolos menaklukkan beberapa ribu kompetitornya.

Dari empat narasumber ini, mereka mengatakan, paling tidak ada banyak hal yang membuat keempatnya percaya dapat di terima. Ada yang karna persiapan masak, ada pula yang percaya lolos karena sudah mengantongi pengalaman terlebih dulu. Di bawah ini bebrapa point yang dapat dirangkum.

1. Mereka percaya di terima karna berkas administrasinya komplit dan penuhi prasyarat.

Untuk dapat maju ke step setelah itu, peserta mesti lewat tes administrasi lebih dahulu. Dalam step ini, peserta butuh lengkapi semua berkas serta kriteria yang diputuskan. Janganlah ada satu juga dokumen yg tidak diikutkan.

Beritanya banyak peserta LPDP yg tidak lolos step administrasi karna lupa memasukkan dokumen. Atau, tidak penuhi kriteria IPK serta beda sebagainya. Karenanya, yang haru di perhatikan serta disediakan benar yaitu mencermati point untuk point lembar kriteria administrasi yang dibebankan.

2. Kwalitas esai yang ditulis semasing peserta.
Satu diantara peserta LPDP, Enggar Dwi Cahyo, yang tengah meniti program master di Kampus Gadjah Mada, percaya satu diantara point yang membuatnya lolos beasiswa dari pemerintah Indonesia yaitu muatan yang ia catat di esai yang disyaratkan oleh instansi. “Penjelasan esai mengenai kontribusiku untuk Indonesia tidak dibuat-buat serta relevan, ” katanya.

3. Gagasan studi yang diserahkan baiknya sesuai sama keadaan negara.
Saat mendaftar beasiswa LPDP, semasing peserta akan di tanya masalah gagasan studinya. Banyak jawaban yang sangat diplomatis serta ngawang-awang di step ini. Baiknya, jawaban yang didapatkan sudah lewat penilaian pada keadaan negara, tersebut jalan keluar yang kamu menawarkan dengan studi yang kamu tempuh. Dasarnya, upayakan studimu mempunyai dampak yang cukup besar untuk perkembangan bangsa.

4. Step wawancara.
Mira Tri Rahayu, peserta LPDP yang lolos meniti studi master ke satu diantara kampus di United Kingdom, percaya yang membuatnya mencapai beasiswa yaitu step wawancara. Menurutnya, wawancara mempunyai bobot nilai 70 %.

“Pas wawancara, sebenernya saya terasa umum saja. Namun mungkin saja karna saya ambil konsentrasi jurusan mengenai sastra anak yang peranannya dapat untuk edukasi ciri-khas di Indonesia serta tingkatkan ketertarikan baca, pewawancara jadi tertarik, ” katanya.

5. Karya serta pengalaman.
Point sudah mempunyai karya atau pengalaman yang linear dengan jurusan yang akan di ambil beritanya juga jadi nilai plus. Mira, umpamanya, sudah menerbitkan tiga buku. Hal tersebut jdi nilai plus karna jurusan yang akan ia ambillah yaitu sastra. Sedang Enggar sempat bekerja di biro pariwisata terkenal. Hal tersebut membuatnya mengantongi pengalaman praktikal sebelumnya terjn kembali pada dunia akademis.

6. Tekad untuk mengabdi pada negara.
Indah Fadhilla, peserta LPDP yang tengah meniti pendidikan master di Kampus Indonesia, menyebutkan ia percaya dapat lolos peroleh beasiswa karena mempunyai hasrat kuat jadi abdi negara.

“Aku dapat memberikan keyakinan LPDP bila dengan menyekolahkanmu, mereka akan memperoleh SDM yang siap jadi abdi negara, ” ucapnya.

7. Aktif di organisasi yang sempat dibarengi.
Novia Utami, peserta LPDP yang sudah peroleh titel master di bagian manajemen di Kampus Gadjah Mada, percaya, ia dapat lolos beasiswa karena miliki pengalaman gabung dengan beragam organisasi. Hal tersebut membuat jendela pengalaman serta pengetahuannya pada beberapa hal terbuka.

“Dengan gabung dengan organisasi, saya jadi orang yang bermanfaat untuk orang yang lain serta dapat berikan efek positif untuk sekelilungku, ” tuturnya.

Terkecuali ke-7 point itu, hal yang tidak bisa dilenakan yaitu persiapan. Perlu paling tidak enam bln. untuk mempersiapkan beberapa hal, supaya kamu siap “ditandingkan” dengan peserta-peserta beda. Siap terima beasiswa LPDP?